Bantu Produktivitas Petani, Menteri BUMN Siapkan Delapan Klaster KUR di Sektor Pertanian

- 27 Juli 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi - Petani Bunga Hias di Kota Batu
Ilustrasi - Petani Bunga Hias di Kota Batu /Moh Badar Risqullah/Lingkar Madura

LINGKAR MADURA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) akan terus mendukung penuh program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian.

Hal tersebut sebagaimana keinginan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo agar KUR di sektor pertanian terus digulirkan guna meningkatkan produktivitas para petani di Indonesia.

Erick menyebutkan dukungan tersebut dalam bentuk adanya delapan klaster KUR di sektor pertanian yaitu klaster padi, jagung, sawit, tebu, jeruk, tanaman hias, kopi, dan yang terbaru yaitu klaster porang.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas Petani, Mentan Syahrul Dorong KUR Pertanian Terus Digulirkan

Untuk itu, dia berharap dengan adanya delapan klaster KUR di sektor pertanian dapat dikolaborasikan dengan program di Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

”Sebagai catatan, BRI, Bank Mandiri, dan BNI siap untuk mendukung program KUR pertanian ini. Kami sudah siapkan delapan klaster yang nantinya bisa bersinergi dengan program-program di Menteri Pertanian ataupun Menteri Perdagangan,” kata dia dalam keterangannya dikutip Lingkar Madura, Selasa, 27 Juli 2021.

Selain itu, Erick mengatakan pihaknya juga akan terus berupaya mendukung dan mendampingi pengembangan sektor pertanian mulai dari hulu sampai hilir.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Dibuka Bertahap 26 Juli, Jokowi: Kita Mendengar Suara Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Salah satunya, kata dia, melalui pemberian pinjaman 6.190 rice milling unit (RMU) yang merupakan kerja sama antara gabungan kelompok tani (gapoktan) dengan Kementerian BUMN.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Setkab RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x