Tingkatkan Produktivitas Petani, Mentan Syahrul Dorong KUR Pertanian Terus Digulirkan

- 27 Juli 2021, 07:30 WIB
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri kegiatan panen raya di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan pada Rabu 12 Februari 2020
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri kegiatan panen raya di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan pada Rabu 12 Februari 2020 /Moh Badar Risqullah/Lingkar Madura

LINGKAR MADURA – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan serapan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian cukup tinggi dengan mencapai 60,24 persen atau sekitar Rp42,17 triliun pada tahun 2021.

Sedangkan di tahun 2019, dia menyebutkan KUR di sektor pertanian totalnya mencapai Rp55 triliun dan yang macet hanya mencapai 0,6 persen.

Oleh karena itu, dia menyampaikan bahwa pinjaman KUR pertanian ini layak untuk terus digulirkan guna meningkatkan produktivitas para petani.

Baca Juga: Pemerintah Tegaskan Tidak Ada Impor Beras dan PPN Sembako, Mentan Syahrul: Jangan Buat Petani Resah

Baca Juga: Pandemi Covid-19, SKK Migas Catat Penerimaan Negara di Industri Hulu Migas Capai Rp96,7 Triliun

”Saya kira, pertanian adalah salah satu komoditi yang terus berkembang cukup baik sampai hari ini. Jadi sangat-sangat layak untuk terus digulirkan,” ujar Mentan Syahrul dalam keterangannya dikutip Lingkar Madura, Selasa, 27 Juli 2021.

Mentan menyampaikan serapan KUR pertanian tersebut akan terus didorong oleh pihaknya seiring dengan masuknya musik tanam. Terutama musim tanam II yang akan terjadi pada Agustus 2021.

”Ini menyesuaikan dengan musim tanam saja, jadi sudah masuk musim tanam II itu pada Agustus dan pada proses itu akan lebih banyak kami dorong,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Dibuka Bertahap 26 Juli, Jokowi: Kita Mendengar Suara Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Setkab RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x