Pemerintah Tegaskan Tidak Ada Impor Beras dan PPN Sembako, Mentan Syahrul: Jangan Buat Petani Resah

- 10 Juli 2021, 06:30 WIB
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo /dok. Kementan RI

LINGKAR MADURA – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan pemerintah tidak akan melakukan impor beras dan memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako yang dikonsumsi masyarakat.

Mentan menyebutkan ketersediaan beras secara nasional untuk saat ini masih aman. Sehingga, pemerintah menurutnya tidak akan melakukan impor ataupun memberlakukan PPN.

”Tidak ada itu (impor beras dan memberlakukan PPN sembako),” tegas Syahrul Yasin Limpo dalam keterangannya dikutip Lingkar Madura, Sabtu, 10 Juli 2021.

Baca Juga: Pemerintah Laporkan Realisasi Anggaran Covid-19 di Semester Pertama 2021 Rp 237,54 T, Ini Rinciannya

Dia menilai isu tersebut adalah pikiran-pikiran yang ada di sebagian pihak saja dan sengaja ingin membuat gaduh. Karena, dia menyebutkan pemerintah belum pernah merancang untuk dua hal tersebut sampai sekarang.

Bahkan, hal tersebut menurutnya juga sudah pernah ditegaskan Presiden Jokowi bahwa impor beras tidak ada. Malah, dia menyebutkan Presiden menanyakan balik isu tersebut dari mana.

”Pemerintah tidak pernah membicarakan rencana impor beras dan kenaikan PPN sembako. Kalaupun itu ada, pasti Menteri Pertanian tahu. Jadi jangan membuat petani resah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syahrul menjelaskan alasan tidak perlu adanya impor yaitu Indonesia saat ini masih memiliki cadangan beras yang cukup banyak. Baik yang ada pada pengendalian langsung Bulog, penggilingan dan penanganan pemerintah daerah.

Baca Juga: Jangan Terkecoh, Ini Daftar Harga Eceran Resmi 11 Obat Terapi Covid-19

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kementan RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x