PT INKA-BPPT Akan Produksi Kereta Api Cepat Buatan Anak Negeri, Seperti Apa?

- 18 Agustus 2021, 14:00 WIB
Ilustrasi - Kereta api cepat di Jakarta-Bandung
Ilustrasi - Kereta api cepat di Jakarta-Bandung /Instagram @ridwankamil/

LINGKAR MADURA – PT INKA (Persero) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta beberapa perguruan tinggi dan perusahaan tengah mempersiapkan untuk membuat kereta api cepat yang mampu melaju di atas 200 km/jam.

Hal itu disampaikan Direktur Pengembangan PT INKA (Persero), Agung Sedaju dalam seminar daring bertajuk ”Kesiapan Jalur Kereta Makassar – Parepare” pada Senin, 16 Agustus 2021.

Dia menerangkan bahwa PT INKA (Persero) secara teknologi sendiri sudah siap untuk membuat sarana kereta api cepat di Makassar - Parepare yang sedang dikolaborasikan dengan BPPT.

Baca Juga: Anggaran PEN 2022 Sebesar Rp321,2 T, Menkeu Sri Mulyani: Bisa Ditambah, Tergantung Kondisi Covid-19

Baca Juga: Ekspor 627,4 Juta Ton Komoditas Pertanian, Mentan: Tanda Kebangkitan Ekonomi Nasional

”Kami sudah siap mengoperasikan kereta api cepat produk anak negeri yang diketuai oleh BPPT dengan teknologi hybrid battery di Makassar – Parepare pada tahun 2022,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Pusat Teknologi Sistem dan Prasarana Transportasi BPPT, Muljadi Sinung Harjono mengatakan pihaknya memiliki target pembuatan prototype kereta api cepat dengan kecepatan di atas 200 km/jam tersebut.

Selama ini, pada tahun 2020, dia mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan target design requirement and objective (DR & O) atau pre-spesifikasi teknis serta basic and manufacture design di 2021.

Baca Juga: Catat! Jalan Tol Gempol-Pasuruan Berlakukan Tarif Baru Mulai 1 Agustus 2021, Ini Daftarnya

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kementerian BUMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x